Selasa, 18 Juni 2013

PENGENALAN KOMPUTER

NGENALANPENGENALAN KOMPUTERERANGKATKOMPUTER

PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER : Dalam artikel ini akan sedikit dijelaskan apa saja yang membangun sebuah Komputer, bisa dikatakan ini adalah Dasar – dasar Perangkat Komputer, untuk menunjang kegiatan komputasi anda, saya kira artikel Perangkat Dasar Komputer ini layak untuk dibaca, karena kebanyakan dari kita mungkin menjadikan komputer sebagai sahabat yang membantu pekerjaan kita sehari – hari, tetapi tidak semua dari kita tersebut benar – benar mengetahui apa saja Dasar Pembangun Perangkat Komputer tersebut, berikut ini adalah penjelasannya
KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
Perangkat keras (Hardware) : suatu perangkat yang berfungsi melakukan proses input (masukan) dan output (keluaran). terdiri dari :
v  Unit Pemrosesan Secara Terpusat (CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)) : Didalam proses kerja suatu komputer,  processor  merupakan bagian terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran
v  Perangkat masukan (Input devices ) Perangkat masukan berfungsi untuk memasukkan data atau input untuk diproses menjadi informasi atau keluaran. terdiri dari : Mouse, Keyboard
v  Perangkat keluaran : Salah satu perangkat yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan, contohnya Monitor, Printer (Alat Cetak) dan Speaker
Perangkat Lunak (Software) : Perangkat lunak adalah suatu perangkat yang berfungsi menghubungkan perangkat keras dengan pengguna. Perangkat lunak secara umum terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
  • Perangkat lunak sistem Operasi Perangkat sistem operasi merupakan bagian terpenting didalam menjalankan suatu perangkat komputer. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang menjembatani antara pengguna dan perangkat keras yang dipergunakan yaitu komputer.  Adapun Sistem operasi tersebut bersifat : Multiuser (dapat digunakan oleh banyak user) Multitasking  (dapat melakukan banyak tugas).Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi :
  • Sistem operasi berbasiskan teks :Merupakan sistem operasi yang  menggunakan  teks sebagai sistem. Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan teks, yaitu :
  1. DOS (Disk Operating System)  yang dikeluarkan oleh Microsoft  pada tahun 1981
  2. Unix yang merupakan sistem operasi berbasis jaringan yang dikeluarkan tahun 1960 dan  merupakan sistem operasi  tertua. Bagian dari Unix yaitu ; Unix, OpenBSD, FreeBSD. Unix pertama kali digunak an oleh komputer jenis  IBM ,  HP dan  Sun Solaris.
  • Sistem operasi berbasiskan  Unit grafis antar muka (GUI / Graphic Unit Interface) : Merupakan sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka, Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan GUI, yaitu :
  1. Windows  merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface)  yang dikeluarkan oleh Microsoft.
  2. Macintosh  pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user  friendly) dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan Macintosh sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di Apple iMac Desktop ataupun Apple Notebook.
  3. Linux  pertama kali dikeluarkan tahun 1991 oleh Linus Torvald. Linux ini merupakan salah satu varian dari Sistem Operasi Unix. Linux Generasi I merupakan Sistem Operasi berbasis Teks. Setelah Linux  berkembang pesat karena sifatnya  open source , maka Linux saat ini telah berbasiskan graifs sebagai antar  mukanya. Dan Linux itu terdiri dari beberapa distribusi ( distro / Pengembang) seperti : Mandrake, Suse, Fedora Core dan sebagainya
  • Perangkat lunak aplikasi Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas perkantoran seperti pengolah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan halaman web hingga perangkat media player dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan. Perangkat lunak aplikasi terdiri dari
  1. Program bantu (Utility ) Merupakan suatu program y ang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang  dijelaskan diatas, seperti, antivirus, defragmenter, format disket, periksa sistem dan sebagainya.
  2. Bahasa Pemrograman Merupakan suatu aplikasi  yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa  BASIC, COBOL,  C++  dan sebagainya.

Brainware (manusia) merupakan pemakai perangkat-perangkat komputer, dan terbagi atas tingkatan pengguna :
  • System Analyst adalah seseorang yang melakukan rancangan analisa sistem yang akan dikerjakan oleh seorang programmer.
  • Programmer adalah seseorang yang  mengerjakan program yang berasal dari Sistem analyst
  • Operator adalah seseorang yang  menjalankan program yang telah dikerjakan seorang program

Teknologi Informasi  merupakan suatu bidang yang menangani pengolahan data menjadi suatu informasi yang dapat dimanfaatkan sehingga yang siap saji. Seperti Informasi umum ( public information ) dan Informasi lokal (local information ) . Sebagai contoh informasi umum, seperti penggunaan internet , untuk melihat dan mengambil informasi seperti  berita, cuaca dan sebagainya. Lokal informasi, seperti jaringan lokal didalam perusahaan yang berfungsi untuk menyimpan dan mengirim informasi yang sifatnya rahasia dan diberikan hanya kepada yang membutuhkan.

JENIS – JENIS KOMPUTER
Komputer terdiri dari beberapa jenis yaitu sebagai berikut :
Super computer  :  Komputer yang dipergunakan untuk menampung dan melayani data dalam jumlah yang cukup besar serta mampu melaksanakan tugas-tugas yang tidak bisa dilakukan komputer berskala  kecil. Komputer jenis ini biasanya dipergunakan  badan antariksa sebagai pengolahan data.
Mainframe komputer  : terdapat pada perusahaan-perusahaan berskala besar, dipergunakan untuk melayani data yang berskala massal. Biasanya dipergunakan perusahaan telekomunikasi didalam melayani pelanggannya.
Micro Komputer : sering  dipergunakan di perusahaan kecil, terdiri dari komputer yang sering dipakai untuk keperluan sehari-hari.

PERFORMANCE KOMPUTER
Perbandingan perfomance komputer  Dilihat dari perbandingan kecepatan proses kerjanya, yang disesuaikan dengan era dan perkembangan teknologi. Prosesor terdiri dari beberapa jenis dan kecepatannya yaitu sebagai berikut :
Type 386, jenis prosesor ini dikembangkan pada tahun 1989 dengan kecepatan antara 30 hingga 60 Mhz.
Type 486, jenis prosesor ini  dikembangkan tahun 1990 dengan kecepatan antara 60 hingga 100 Mhz.
Type 586, Jenis prosesor ini lebih canggih dari prosesor sebelumnya, dikembangkan tahun 1994,  beberapa perusahaan pun memproduksinya, seperti  intel dengan nama  Pentium , dan perusahaan AMD mengeluarkan produknya dengan nama  AMD
Type 686, Jenis prosesor ini dikembangkan di tahun 1998 sebagai contoh perusahan  Intel  dengan nama  Pentium II,  Pentium III dan yang terbaru Pentium IV, dan  AMD  dengan prosesor seri AMDnya yaitu AMD Duron, Thunderbird, dan yang terbaru  Athlon XP. Walaupun banyak perusahaan lain yang mengeluarkan prosesornya yang tidak dapat dijelaskan satu persatu. Seperti  Transmeta, VIA dan Cyrix.
Diantara kemampuan prosesor tanpa dukungan dari memori tidak akan berarti sama sekali, sama halny a dengan beberapa jenis prosesor yang lainnya. Memori terdiri dari beberapa ukuran kecepatan dan kapasitas yaitu 4 Mb, 16 Mb, 32 Mb, 64 Mb, 128, Mb, 256 Mb dan seterusnya. Terdiri dari beberapa jenis yaitu SDRAM, DDR, SO-DIM  dan sebagainya.

MEDIA PENYIMPANAN DATA
Media penyimpanan data terdiri dari :
Harddisk : Merupakan suatu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar.
CDROM/DVD : Merupakan media penyimpanan berbentuk piringan. CD ROM mampu menyimpan data sampai 700 Mb, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB.
Flash disk : Merupakan media penyimpanan data berbentuk pena.
 PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER

Tidak ada komentar:

Posting Komentar